Membuat visa Amerika

May 04 2016

Sebenarnya 2 tahun yang lalu, saya ingin nulis bagaimana cara mendapatkan visa Amerika, tapi karena ada berbagai hal sampai saat saya sudah dapat visa akhirnya gak sempat saya tulis. Tahun ini kesempatan saya akan membantu adik-adik Sekolah Robot Indonesia yang nanti akan lomba ke Amerika, maka akan saya dokumentasikan secara bagian-bagian bagaimana memulai mengurus Visa Amerika. tulisan ini nantinya akan update secara daily atau weekly sampai saya mendapatkan visa untuk adik-adik yang berangkat ke Amerika.

Dan sedikit saya lupa-lupa ingat apa yang harus di mulai terlebih dulu. Oke saya akan browsing-browsing lagi :D, lalu saya tulis kembali nanti.

update 9 Mei 2016 – Isi Form Buat Visa Amerika

  • syarat yang harus dipenuhi sebelu isi form adalah foto terlebih dahulu, foto berwarna yang paling baru dengan pakaian formal (berkerah) dan background putih. untuk perempuan yang berhijab bisa di gunakan hijabnya. ukuran foto 5cmx5cm dengan besar file kurang dari 240kb. Ketentuan foto bisa dilihat di link berikut : https://travel.state.gov/content/visas/en/general/photos/photo-page.html
  • Mengisi form DS160 secara online, form bisa di isi di halaman ini https://ceac.state.gov/genniv/.Untuk isian form formnya sudah saya print screen dan saya dokumentasinya. yang ingin tahu bisa comment ninggalin email, nanti saya email deh apa itu isi formnya. yang jelas gak susah kok isinya.

update 12 mei 2016 – Pembayaran Visa Amerika

  • Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah melakukan pembayaran, tahap-tahapnya nanti bisa di ikuti di http://www.ustraveldocs.com/id_bi/id-niv-paymentinfo.asp
  • Membuat profil terlebih dahulu di sistem untuk menjadwalkan sesi wawancara. Yang harus disiapkan adalah alamat email dan nama harus sama dengan yang sudah dibuat di form ds160.
  • Kalau di kelompokkan ada beberapa isian (type Visa, Milih tempat wawancara, Milih kategori Visa, dan halaman pembayaran)

visa-amerika2

  • untuk pembayaran bisa melalui 2 cara, tunai ke CIMB Niaga dan melalui online EFT

visa-amerika1

  • Pada proses visa kali ini, saya memilih yang tunai ke bank, karena saya belum pernah melakukan Transfer model EFT, saya cari2 di online banking saya juga gak nemu trus pertimbangan lagi karena di sekitar tempat saya tinggal ada bank CIMB Niaga. Berangkatlah ke bank CIMB Niaga terdekat setelah click halaman cash payment
  • Kenapa harus klik cash payment dulu, karena setelah click cash payment nanti akan muncul rekening virtual yang akan kita transfer. Seperti yang saya coret2 pada kertas putih gambar berikut. Kalau yang ijo itu slip transfer dari bank CIMB Niaga

visa-amerika3

  • yang perlu di siapkan di bank adalah rekening virtual yang sudah kita create. Untuk nama bank yang akan dikirim adalah Bank of America, siapkan nama lengkap yang akan membuat visa beserta nomor paspornya

update 14 Mei 2016 – Konfirmasi Pembayaran dan Pengaturan Jadwal Wawancara

  • Sehari setelah melakukan pembayaran, baru kita atur schedulle untuk wawancara. Silahkan klik lanjut di halaman profile yang sudah kita buat dan kita isi. Isi receipt number dengan virtual account yang didapat sebelumnya. Pastikan juga kita waktu kirim uang ke bank dengan menggunakan nomor tersebut

visa-amerika4

  • silahkan lanjutkan isian, nanti akan ada kalender dimana kita bisa memilih tanggal-tanggal yang maih kosong dan bisa kita atur untuk membuat jadwal janji temu.

visa-amerika5

  • setelah semua selesai, kita akan mendapatkan surat mengenai undangan yang nanti harus kita lampirkan waktu datang ke kedutaan.

visa-amerika6

note : untuk anak-anak yang usia dibawah 14 tahun tidak perlu datang wawancara, hanya diwakilkan oleh salah satu orang tua saja. Sedangkan anak yang berumur 14 pada tahun yang sama waktu membuat visa (walaupun belum berulang tahun ke 14) diwajibkan datang bersama salah satu orang tua untuk wawancara visa.

update 20 mei 2016 – Wawancara Visa Amerika

setelah sempat reschedulle untuk wawancara, akhirnya pagi tadi tuntas sudah wawancara dengan pihak kedutaan. Oke ada beberapa dokumen yang perlu di siapkan dalam wawancara, yang pertama adalah dokumen utama yang wajib dibawa

  • print Lembar jadwal wawancara (yang diperoleh waktu kita submit jadwal wawancara)
  • Halaman konfirmasi DS-160 yang telah dilengkapi dan dicetak dengan kertas ukuran kuarto atau A4, format berdiri dan dengan barcode yang tercetak jelas.
  • Paspor yang masih berlaku enam bulan dari masa tinggal awal Anda di AS beserta paspor lama
  • Bukti pembayaran dari bank Standard Chartered, Permata, CIMB Niaga atau dari bank dimana anda melakukan pembayaran transfer untuk biaya visa setiap pemohon
  • Satu pas foto ukuran 5cm x 5cm, dengan kertas mengkilat, latar belakang putih dan diambil kurang dari enam bulan (foto yang di buat daftar)

Sedangkan dokumen pendukung yang perlu disiapkan adalah

  • Copy KK, KTP, AkteLahir, Kartu Pelajar, paspor dan ktp orang tua (untuk anak dibawah 14 tahun)
  • Surat pernyataan orang tua tentang kesanggupan sebagai penyandang dana selama di Amerika Serikat, seperti tiket akomodasi dan uang saku (untuk anak-anak)
  • surat keterangan sponsorship (kalau keberangkatan kita di biayai sponsor)
  • surat invitation dari US, jika kita diundang dari sana
  • surat keterangan dari sekolah/tempat kerja

Sedangkan untuk proses wawancaranya sendiri  yang perlu disiapkan adalah

  • pastikan kalian mengetahui tujuan yang pasti untuk keberangkatan kalian, mulai dari tanggal rencana berangkat dan pulang, tempat menginap dan tujuan utamanya disana.
  • Serta segala hal harus dipersiapkan dengan baik. Menjawab pertanyaan jangan gemetar atau ragu karena nanti disangka bisa ada keraguan atau berbohong.

update 25 mei 2016 – Cek Status Visa Amerika

Cek visa Amerika, Harusnya sih uda selelsai, petugasnya kemarin bilang hari senin akan dikirim. Tapi sampai saat ini belum sampai di alamat tujuan. Oh ya untuk visa yang sudah di approve, kita bisa memilih apakah kita mengambil sendiri di RPX, atau kita bisa minta tolong di antar di kantor/dirumah

untuk memastikan, status VISA bisa di cek di halaman web ini http://www.ustraveldocs.com/id_bi/id-niv-passporttrack.asp. Cukup dengan memasukkan nomor paspor maka status VISA bisa kita lihat
cekvisaamerika

 

update 27 Mei 2016 – yang ditunggu-tunggu datang juga

visa-amerika7

Sengaja pada pembuatan visa kali ini saya alamatkan di worskhop Sekolah Robot, mau nyoba sih apa lebih cepat atau lebih lambat daripada ngambil sendiri dikantor RPX, dan kesimpulannya lebih lambat karena harus melalui kurir dulu untuk pengantaran (ya iya sih), belum lagi pas dianter yang dirumah gak ada orang. Seperti kejadian kemarin, pas kita semua di worskhop lagi keluar, bapak yang nganter datang, dan akhirnya di anter lagi 2 hari kemudian :).

oh ya, siapkan foto copy ktp penerima terlebih dahulu, buat syarat untuk menerima paspor yang sudah di antar.

visa-amerika8

Alhamdulillah untuk kali ini clear semua tentang pembuatan Visa Amerika, tapi ada yang masih janggal dulu pas saya daftar visa dapat 5 tahun multiple entry, dan sekarang anak2 ada yang dapat multiple entry, ada yang dapat 1 x entry trus masa berlaku visa ada yang 3 bulan ada yang 6 bulan, kira2 apa ya penyebabnya. nanti lain kali kalau saya sudah nemu jawabannya langsung tak share disini ya.

Kesimpulan setelah sekitar mendaftarkan lebih 10 orang untuk pembuatan visa Amerika adalah mudah, peraturan-peraturan sudah ada dan mudah untuk di ikuti. Sejauh yang saya lakukan gak ada juga tentang diskriminasi nama, tampilan fisik dll. Asalkan syarat2 terpenuhi gak berbohong pasti diapprove.

Untuk peraturan-peraturan terbaru bisa di baca di website resmi pembuatan visa Amerika, karena biasanya ada kebijakan2 baru. contohnya tahun 2016 ini yang beda adalah bank tempat bayarnya, semakin banyak tempat untuk bayarnya, dibandung tahun 2014 kemarin.

 

 

26 responses so far

  1. Lewat tour mas pergi nya?

  2. waaaah nice info nih, kapan ya mau ke ameriko hehehe..

  3. Hi, boleh minta alamat email ga ya? Saya mau tanya2 masalah visa soalnya saya juga lagi apply visa dan akan interview minggu depan. Terima kasih

  4. @jono : nggak mas, ngatur sendiri
    @yunan : hehehehe…
    @meita : boleh nanya disini aja kak, kali aja bisa bantu

  5. Ok, saya udah mau detik2 wawancara hari selasa depan sumpah jiper bgt. Takut visa ga di approved, masalah dokumen sih in shaa Allah udah lengkap dari invitation letter, proof of funds, employment letter dan passport temen saya. Kebetulan ada temen yg ngundang saya kesana buat liburan summer ini. Dokumen2 saya juga in shaa Allah udah lengkap dari employment letter, proof of funds, family ties, Surat jaminan dari kantor dan saya juga mau melampirkan book flight ticket around trip, tapi tetep aja takut dan sumpah deg2an bgt. Biasanya waktu wawancara itu pertanyaan apa aja yg ditanyain ya?

  6. @meita : wah udah komplit banget itu kak, pertanyaannya antar loket beda2 sih, tergantung mas/mbak bule yang wawancarai. Tapi kalau udah komplit banget dokumennya trus uda jelas itenerary selama disana, Insya Allah aprove :). PErtanyaannya sekitar itu2 saja, disana ngapain, nginep dimana, kalau berkunjung ke temen ada hubungan apa sama teman yang dikunjungi (*kalau yang inipengalaman teman2 yg wawancara). Trus juga ini kak, kadang2 nanya tentang isian form DS160.

    Ngisi form DS160 nya sendiri apa lewat travel kak?
    pengalaman temen saya juga, karena dia ngisi lewat travel, dan ternyata apa yang di isi sama travelnya berbeda dengan apa yang dia jawab, akhirnya waktu ditanya jawabannya beda. akhirnya tidak di approve, karena dianggap memberikan info yang meragukan dan berbohong. So, kalau jawab pertanyaan dari mas/mbak bule yang tegas gak bole ragu2.

    btw wawancara di sby/jkt kak. Sukses ya kak.

  7. Aamiin ya Allah, terima masih ya.. Interview di Jakarta 🙂 takutttt bgt!! Iya in shaa Allah udah komplit dan ds-160 isi sendiri jadi tau jawabannya. Itu masalahnya cuma takut grogi pas jawab wawancara aja. Iya aku juga udah melampirkan itinerary kok, jadi jelas rencana mau kesana ngapain aja. Cuma agak takut pas wawancara aja. Wish me luck ya 🙂
    Btw thanks infonya yaa, helpful bgt 🙂

  8. Lumayan ribet ya ternyata bikin visa itu…

  9. Wah, akhirnya saya temukan cara paling mudahnya. 😀

  10. hello, terima kasih tipsnya membantu banget. 🙂
    kalau boleh saya bisa minta screen cap pengisian DS-160?

    saya mau mengisi fomulir untuk wawancara minggu depan.
    terima kasih sebelumnya 🙂

  11. @halomuda : lumayan sih
    @piroan, thanks uda mampir 🙂
    @tabita : bisa email ke alamat ini khuclukz@gmail.com nanti saya attach form nya

  12. Hallo. Senang sekali nemu blog ini. Btw mba meita gmn di approve ga ? Mba meita blh mnta alamat emailnya ? Bulan depan ak mau apply visa turis, ini emailku juliana031013@gmail.com
    Mba meita share y pengalamannya. Terimakasih

  13. Seneng banget nemu bog ini . Infonya membantu banget . Terima kasih ya .

  14. saya dapat undangan seminar sebagai presenter akhir bulan oktober ini….recana next week mau interview….tapi saya agak nervous karena 10 tahun yang lalu saya pernah tidak diapprove visa US nya…tapi 10 tahun yang lalu..status saya masih single, masih kuliah…tujuannya juga untuk travel ke tempat kakak saya…sementara sekarang status saya sudah bekerja,sudah menikah, sudah punya anak dua, tujuannya juga jadi presenter disebuah seminar…biaya juga di cover oleh kantor saya ada undangan jadi pembicara juga dari panitia seminarnya….cuman yang mengganjal buat saya sekarang adalah..kota tujuan tempat seminar saya nanti adalah sama dengan kota tempat kakak saya tinggal (orlando/florida)..sebagai info…kakak saya adalah US citizen…saya khawatirnya mereka mikirnya saya gak mau balik lagi entar..gara2 kota nya sama dengan tempat tinggal kakak saya…hehe…ada idea tentang hal ini nggak ya?….

  15. siang, mau tanya. kalau baru bayar belum keluar ya data yang kita masukan? belum bisa scheduling?
    Saya sudah pernah punya account untuk buat applicant yang berbeda, kalau saya buka account saya, yang keluar data yg lama.
    jadi, data yang baru ini baru akan keluar besok ya? sehari setelah pembayaran?
    terima kasih.

  16. @ardy : semoga dipermudah mas, kan memang udah jelas tujuannya.
    @astrid : iya harus bayar dulul baru bisa bika schedullenya

  17. halo mas bro, receipt number yang harus dimasukkan yang mana sih
    thanks

  18. Mau nanya nih.. saya kemarin klik cash payment 2x dan alhasil ada 2 virtual number. saya harus bayar ke virtual number yang mana? 🙁

  19. Hai, mau bertanya jg dong mas. Kalau untuk ibu rumah tangga, perlu dokumen pendukung apalagi ya selain ktp, kk dll. Saya ga ada invitation letter jg krn emang ga ada kerabat yg stay di usa. Nanti saya pergi dengan suami, suami sudah pnya visa usa.

    Terima kasih sebelum nya

  20. @eko : number virtual accountnya mas
    @ocy : pakai yang terakhir saja
    @juls : disesuaikan sama keperluan disana ngapain

  21. mba..
    untuk buat profile untuk pembayaran visa, dalam kolom memasukan email, itu harus email yg biasa kita gunakan, atau bikin baru? sesuai nama lengkap kita, soalnya aku bingung, aku sudah mengisi form ds 160 kemudian mau bikin priofile utk bayar, ketika mau submit keterangannya create ur username, ur username should be in email address format.
    aku bingung deh mba..

  22. @andhika : email yang biasa digunakan aja mas, maksudnya username nya menggynakan email yang di pakai

  23. hai mba..
    untuk tiket pesawat, haruskah kita reserve dulu? trus bukti reservasi dibawa pas interview, apa tidak usah jg tdk apa2, ditanya ga sama petugas nya ya kira2.
    Makasih.

  24. MELY SABINA ESTER LENGKONG

    makasih mas informasinya,

    saya mau tanya, receipt number itu yang mana ya?
    saya sudah coba-coba dan pakai virtual account juga, tapi nggak bisa2.
    bagaimana ya????

    note: saya bayar ke bank cimb kemrin pukul 09.00

    makasih

  25. @andhika : boleh book (reserve) dulu, tqpi jangan di bayar dulu. semua transaksi pembayaran tiket setelah visa didapat di tangan.

    @mely : receiptnumber itu nomor virtual yang kita bayarkan di bank. ngisinya sehari setelah pembayaran. misal hari ini bayar jam 9 berarti inputnya baru bisa besok siang

  26. mau tanya, untuk pengisian nomor pembayaran itu pakai nomor yg mana ya?

Leave a Reply